Eduprima Peer to Peer Tutor: Memperkuat Kualitas SDM Pengajar

Share: 

Daftar Isi

Tanggung Jawab Memajukan Ilmu Pengetahuan

Halo Sobat Guru! Lama tidak berjumpa. Saya harap Sobat dalam kondisi yang baik-baik saja.

Apakah kalian tahu Sobat, perkembangan ilmu pengetahuan adalah salah satu kekuatan utama yang memandu peradaban manusia menuju masa depan yang semakin cerah? Dalam perjalanan panjangnya, ilmu pengetahuan telah membuka jendela ke dunia yang tak terbatas. Ini membantu kita memahami alam semesta, mengungkap misteri kehidupan, dan mendorong kemajuan teknologi.

Upaya untuk memajukan ilmu pengetahuan tidak hanya menjadi tugas individu belaka. Tugas ini juga menjadi tanggung jawab bersama yang diemban oleh berbagai pihak, seperti organisasi, lembaga pendidikan, bahkan perusahaan yang berkomitmen untuk mengembangkan pengetahuan. Semua upaya ini dilakukan dengan tujuan bersama, yaitu untuk menciptakan perubahan positif dan berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan. Ketika individu, lembaga, dan perusahaan bekerja bersama dalam semangat kolaborasi, maka potensi ilmu pengetahuan untuk membawa perubahan yang signifikan bagi masyarakat dan dunia semakin besar. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengingat bahwa memajukan ilmu pengetahuan adalah sebuah perjalanan bersama yang menggugah semangat, menginspirasi, dan memotivasi kita untuk terus berinovasi demi kebaikan bersama.

Ilmu Pengetahuan Seorang Pengajar

Jika kita berbincang tentang ilmu pengetahuan kita mungkin akan bertanya, darimanakah asalnya? Apakah sebuah ilmu pengetahuan datang dengan sendirinya? Normalnya ilmu pengetahuan datang dari orang lain. Di mana orang lain tersebut adalah sosok atau individu yang memiliki pengetahuan lebih banyak dari kita, atau sering kita sebut dengan guru. Seorang guru membagikan pengetahuannya kepada orang lain, atau sering disebut dengan murid. Kalau begitu muncul pertanyaan, darimanakah seorang guru mendapatkan ilmunya. Jawabannya cukup sederhana, yaitu juga dari orang lain. Definisi guru adalah orang yang memiliki pengetahuan lebih. Bukan berarti selalu sosok yang menyandang gelar “guru”.

Dalam kehidupan bersosial ini semua memiliki keunikannya sendiri. Tidak ada satupun individu yang hidup dengan cara yang sama persis. Dengan alasan ini juga ilmu pengetahuan yang didapat mustahil sama persis. Akan selalu ada perbedaan antara satu dan yang lainnya. Kondisi di mana kita menjadi murid seseorang sekaligus menjadi guru bagi orang lain adalah hal yang wajar. Dengan alasan itu juga akan selalu baik untuk membagi dan menerima pengetahuan dari pihak lain.

Ilmu pengetahuan adalah kebijakan. Kalimat ini sering kita dengar di mana-mana. Benar memang, dengan mengetahui suatu hal tertentu kita menjadi semakin bijak dalam mengatasi sebuah masalah. Pikiran kita jadi akan terbuka. Proses belajar bukanlah sesuatu yang dibatasi oleh peranan tertentu, misalnya murid dan guru. Seorang guru yang seharusnya mengajar, juga bisa belajar. Seorang guru yang mau terus belajar menunjukkan kerendahan hatinya dan mau berkembang untuk memperkaya pengetahuannya.

Berkembang Sebagai Seorang Pengajar

Dalam realitas sosial ini, setiap individu memiliki keunikan dan pengalaman yang berbeda. Tidak ada dua orang yang mengalami kehidupan dengan cara yang sama persis. Setiap individu membawa latar belakang, nilai-nilai, dan pandangan pribadi yang unik ke dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan yang diperoleh setiap individu akan selalu mencerminkan nuansa dan perspektif yang khas. Dalam konteks ini, peran guru dan murid adalah dinamis. Guru yang mengajar juga bisa menjadi pelajar, dan sebaliknya. Saling berbagi pengetahuan dan pengalaman adalah fondasi dari perkembangan ilmu pengetahuan yang berkelanjutan.

Terlepas dari peran atau posisi dalam proses belajar, seperti menjadi seorang murid atau guru, penting untuk diingat bahwa pembelajaran adalah perjalanan yang berkelanjutan. Pembelajaran bukanlah keterbatasan yang hanya terjadi di dalam ruang kelas atau dalam kerangka kurikulum formal. Pembelajaran adalah proses yang mencakup setiap interaksi, pengalaman, dan eksplorasi pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah peluang yang tak terhitung untuk memperluas pengetahuan kita dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia di sekitar kita.

Bahkan seorang guru yang telah lama berada dalam posisi mengajar memiliki peluang untuk terus belajar dan mengembangkan wawasannya. Kesadaran akan kerendahan hati dalam mengakui bahwa pengetahuan adalah upaya yang terus-menerus menggugah kita untuk tetap merasa seperti murid dalam dunia yang dipenuhi dengan pengetahuan yang tak terbatas. Oleh karena itu, sikap belajar sepanjang hayat dan semangat untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain adalah tonggak-tonggak penting yang memungkinkan kemajuan ilmu pengetahuan, perkembangan pribadi, dan kemajuan peradaban manusia secara keseluruhan

Edufio: Media Pengembangan Tutor Jogja

Edufio sebagai sebuah lembaga pendidikan memiliki visi yang sangat ambisius, yaitu untuk meningkatkan pendidikan bangsa ini hingga mencapai tahap yang benar-benar membanggakan. Kami menyadari bahwa visi ini tidak hanya terbatas pada siswa belajar di ruang kelas. Kami memiliki pemahaman yang mendalam bahwa peningkatan pendidikan dan pengetahuan harus mencakup semua pemangku kepentingan dalam proses pendidikan, termasuk para tutor kami.

Kami memahami bahwa ketika kualitas pengetahuan dan kemampuan tutor meningkat, maka proses mengajar yang mereka fasilitasi akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, siswa yang dipercayakan kepada kami akan mendapatkan manfaat yang lebih besar. Ini adalah komitmen kami untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh tingkatan, mulai dari para tutor hingga siswa. Kami percaya bahwa melalui upaya bersama, kami dapat mencapai visi kami untuk menciptakan perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan negara ini.

Demi meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan tutor Edufio melaksanakan peer to peer bersama para tutor terbaik kami. Kegiatan yang sudah dilaksanakan perdana pada Sabtu, 2 September 2023 lalu berjalan dengan meriah. Para tutor kami dengan antusias mengikutinya. Setidaknya ada 15 tutor di cabang Jogja yang mengikuti kegiatan peer to peer. Pada kegiatan di hari tersebut kebetulan Kak Oky menjadi pembawa materi. Tutor Kak Oky menjelaskan tentang topik “Faktor Motivasi Belajar”.

Kegiatan peer to peer tutor perdana 2023 dilaksanakan di kantor pusat Edufio. Sudah sejak jam 9 pagi para tutor datang untuk mengikuti kegiatan. Sesi acara inti baru dimulai pukul 10 pagi. Kak Oky menjabarkan materi kepada tutor-tutor yang lain. Sesi penjabaran materi dilaksanakan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu dilanjutkan ke sesi diskusi. Mengejutkannya setiap tutor memiliki ketertarikan akan topik yang disampaikan Kak Oky. Mereka mendiskusikan berbagai hal dan menambah pengetahuan. Suasana ceria juga masih terlihat di tengah-tengah sesi diskusi yang serius.

Kegiatan peer to peer tutor berlangsung hingga tengah hari pada hari tersebut. Semua tahapan acara berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Yang mengejutkan adalah semua tutor yang mengikuti kegiatan tersebut tampak sangat bersemangat dan berkomitmen. Mereka aktif berpartisipasi dalam sesi materi, diskusi, dan berbagi pengalaman. Hasilnya melebihi ekspektasi kami dan menjadi bukti semangat belajar yang kuat di antara komunitas tutor kami.

Penutup: Belajar Tanpa Henti

Kegiatan belajar tidak bisa dibatasi oleh masa-masa tertentu saja. Bukan berarti seorang manusia berhenti untuk belajar ketika sudah ahli pada suatu bidang. Sebab belajar pada dasarnya adalah proses penambahan ilmu pengetahuan kepada diri sendiri. Dengan begitu bahkan seorang tutor ahli sekalipun tetap bisa mempelajari hal-hal disekitarnya.

Edufio telah membuktikan menjadi media yang baik dalam proses belajar masyarakat. Bukan hanya bagi siswa namun bagi para tutor kami melalui kegiatan peer to peer. Bagi Sobat Guru yang belum memiliki kesempatan untuk bergabung dalam kegiatan peer to peer kemarin, jangan khawatir. Kami berencana untuk menjadikannya sebagai bagian rutin dari upaya kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kami akan terus mengadakan kegiatan serupa di masa mendatang. Kami mengundang Sobat Guru untuk tetap terhubung dengan kami, mengikuti perkembangan, dan bergabung dalam perjalanan kami untuk menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik. Bersama-sama, kita bisa meraih prestasi yang lebih besar dalam dunia pendidikan.

Sampai sini dulu pembahasan kita. Sampai jumpa pada blog selanjutnya, Sobat. Salam pendidikan!