Eduprima Tutor Workshop 2023: Membangun Masa Depan Dengan Mengajar

foto bersama peserta eduprima tutor workshop di depan sleman creative space
foto bersama peserta eduprima tutor workshop di depan sleman creative space

Share: 

Daftar Isi

Semangat Mengajar Dalam Hari Guru

Halo Sobat Guru! Berjumpa lagi pada rubrik artikel rutin kita. 

Sudah cukup lama sejak terakhir kita berbincang. Pada perjumpaan sebelumnya kita membahas tentang prinsip dan konsep dasar motivasi siswa. Bagaimana? Apakah kalian bisa menerapkannya dengan baik dalam mengajar? Hm, proses perkembangan menjadi seorang pengajar yang lebih baik pastinya tidaklah mudah. Perlu banyak usaha, tenaga, dan waktu yang dikorbankan dalam mencapainya. Termasuk mengikuti berbagai sesi pelatihan dari Eduprima. Kebetulan sekali Sobat Guru, belum lama ini tepatnya pada 25 november 2023 Eduprima melaksanakan Tutor Workshop bersama seluruh keluarga tutor di Eduprima.

Kegiatan tutor workhsop yang diadakan di Sleman Creative Space ini dicetus karena keinginan untuk meningkatkan kualitas para tutor Eduprima. Dalam hal ini, tim Eduprima melihat perlu adanya upaya pelatihan dan seminar khusus. Memang selama beberapa bulan terakhir Eduprima sudah melaksanakan kegiatan yang sejenis, yaitu Peer to Peer tutor. Kegiatan ini memungkinkan para tutor saling membangun pengetahuan antar satu sama lain. Mulai dari cara mengajar, hingga pemecahan solusi yang sering dihadapi para tutor. 

Sedikit berbeda dengan peer to peer tutor biasa, Eduprima tutor workshop membuka peluang lebih luas untuk tutor eduprima. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini mencapai 40 orang tutor Eduprima. Kegiatan ini sangatlah spesial, mengingat tanggal 25 november juga bertepatan pada peringatan hari guru. Bersama-sama seluruh tutor eduprima juga turut memaknai pentingnya keberadaan guru dalam kemajuan bangsa. Terlebih dalam kesempatan ini, setiap siswa mendapat kesempatan langsung untuk belajar dari tutor pertama dan founder Eduprima itu sendiri. 

 

Tutor Workshop: Berbagi Kesan Perjalananan

Kegiatan Eduprima tutor workshop berjalan dengan meriah. Pembukaan dimulai sekitar jam 10 pagi dengan sesi pengenalan. Bukan dengan cara pengenalan biasa, namun dengan membagi teman-teman tutor dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 4-6 orang tutor peserta. Masing-masing diberi selembar kertas besar, dan mereka diminta untuk menulis makna inti sebagai seorang pengajar. 

tutor wanita membuat road map penjelasan makna mengajar di kertas karton

Terlihat antusiasme dari para peserta Eduprima tutor workshop. Masing-masing dari mereka menunjukkan keunikan tersendiri. Dengan mengkombinasikan keunikan nama kelompok, masing-masing dari kelompok bisa menjabarkan makna dari tugas seorang pengajar dengan baik. Bahkan beberapa di antara sangat unik dengan menggunakan korelasi pada siklus kehidupan dan tumbuhan.

Sesi pembuka kegiatan tidak hanya berakhir pada presentase saja. Masing-masing dari tutor mulai mengenalkan diri mereka dengan rekan-rekan lainnya. Terlebih mereka juga menceritakan kesan-kesan dan cerita menarik selama menjadi tutor di eduprima. Tidak jarang para tutor tertawa bersama karena cerita lucu dari setiap tutor. Suasana hangat semakin terasa. Kebersamaan dan kekeluargaan tutor eduprima turut semakin mengungat. Masing-masing dari tutor makin menyadari bahwa sebagai tutor, mereka bukanlah pesaing namun rekan yang bersama-sama berkolaborasi demi meningkatkan pendidikan bangsa ini.

 

Belajar Dari Ahlinya: Changing Your Situation By Changing Your Attitude

Pada kehidupan ini pada dasarnya tidak semuanya merupakan hal yang bisa kita kendalikan. Sebagai manusia biasa, kita menyadari batasan-batasan kita. Terutama menghadapi keadaan yang sering kita hadapi. Tidak semua masalah bisa dikendalikan dengan mudah. Terkadang sebuah masalah akan berubah, ketika kita sendiri yang merubah cara kita menghadapinya. Inilah yang menjadi topik inti pembahasan pada kegiatan Eduprima Tutor Workshop pada akhir pekan lalu.

Pada inti kegiatan Eduprima Tutor Workshop, Pak Amhar M. Arifin mengisi kegiatan materi. Setiap pengajar dan tutor Eduprima diajak bercermin dari kisah Anton Chekhov yang inspiratif. Kisahnya ketika hidup dalam keluarga yang tidak sempurna membuka mata banyak tutor. Pak Amhar mengajak tutor memahami bahwa keadaan Anton Chekhov tidak akan berubah banyak jika tidak melakukan apapun. Namun ketika anak itu memutuskan untuk mengajar, keadaan hidupnya mulai berubah sedikit demi sedikit. Meskipun terpisah dari keluarganya di Taganrog, ujung negeri Rusia saat itu dan berbagai musim dingin yang kejam. 

Pak Amhar menjelaskan materi eduprima tutor workshop

Anton pada akhirnya berhasil mengerti cara menghadapi masalah hidup dengan baik. Satu-satunya cara untuk merubah keadaan adalah dengan mengubah cara dia menyikapi masalah tersebut. Perbuatan Anton ketika memutuskan sebagai tutor dari rumah ke rumah benar-benar membuahkan hasil yang positif. Anton mungkin akan menjadi orang yang berbeda jika tidak mengubah cara dia menyikapi kemalangan yang dia hadapi. Namun dengan mengubah perilaku dan caranya dia menghadapi masalah, Anton bisa mencapai kesuksesan yang hebat. Bahkan melebihi anggota keluarganya lain yang meninggalkannya. Dari sini kita mengerti bahwa menjadi tutor bukan hanya soal mengajar, namun juga upaya mengubah sudut pandang dan sikap kita menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan kita. 

 

Eduprima: Sebuah Wadah dan Komunitas Tutor Indonesia

Sobat Guru, apakah kalian tahu bahwa Eduprima bukanlah lembaga penyedia jasa les privat saja? Sungguh sobat, Eduprima dibangun bukan sebagai lembaga namun sebagai wadah (platform) untuk teman-teman tutor dan pengajar di seluruh Indonesia untuk bekerja sama memajukan pendidikan bangsa. Pada kegiatan tutor workshop ini bersama-sama kita ingin mendalami makna sebenarnya dari Eduprima sebagai wadah. 

Kita mengajak tutor Eduprima untuk memahami bahwa keberadaan mereka sangatlah penting. Tutor-tutor Eduprima juga tidak pernah dilihat dari sisi individualitas, melihat satu tutor dibanding tutor yang lain. Sebaliknya pada kesempatan tutor workshop ini Eduprima ingin menunjukkan keterikatan dan kekeluargaan yang kuat antara tutor. Bahkan tidak mengenal waktu dan generasi. Semuanya berperan penting dalam upaya kemajuan bangsa.

peserta eduprima tutor workshop

 

Menyongsong Tahun Baru Pendidikan Bersama

Sudah satu dekade sejak pertama kali Eduprima dibentuk. Sekali lagi Eduprima telah semakin berkembang, menjadi wadah tutor nasional yang baik dan lengkap. Kami bukan hanya menawarkan jasa privat, namun secara nyata berusaha memajukan kualitas SDM penerus bangsa ini.  Banyak yang telah dicapai dalam setahun terakhir. Berbagai tawa dan semangat, namun tidak sedikit juga tangis dan haru. Semua itu dibutuhkan bagi sebuah wadah untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi. 

Sebentar lagi kita akan menyongsong tahun yang baru. Ketika menyongsong tahun yang baru, maka semangat juga harus diperbarui. Ke depannya dalam tahun pendidikan yang bergema, kami ingin mengajak Tutor-tutor Eduprima semua untuk fokus pada membangun kerja sama tim yang lebih kuat. Pada berbagai kesempatan kami juga ingin tutor eduprima bisa saling membalut kekeluargaan pada setiap kegiatan yang akan kami lakukan. Bagi Sobat Guru yang belum sempat mengikuti kegiatan Eduprima tutor workshop kemarin, jangan khawatir. Eduprima akan hadir dengan lebih banyak kegiatan bersama tutor-tutor Eduprima. Tetap semangat dalam mengajar Sobat. 

Stay tuned, dan sampai jumpa!