Cara Efektif Membangun Motivasi Belajar Jangka Panjang

ada berbagai cara dalam membangun motivasi belajar.
ada berbagai cara dalam membangun motivasi belajar.

Share: 

Daftar Isi

Penyebab Kurang Efektifnya Kegiatan Belajar Mengajar

Hei Sobat Guru Eduprima! Lama tidak berjumpa!

Pada kesempatan kali ini kita mau ngobrolin sesuatu yang kadang bikin kita sama-sama penasaran. Ketika mengajar pernahkan kalian melihat tingkah laku siswa yang malas belajar. Mereka jarang bisa fokus pada materi. Bahkan terkesan malas. Pernahkan kalian bertanya-tanya, kenapa sih kadang-kadang siswa bisa malas-malasan dalam belajar? Memikirkan jawabannya terkadang membuat kita galau seharian.

Padahal kalau dipikir-pikir, bisa jadi sih jawabannya sederhana. Penyebab utama karena monster kecil bernama “Kurang Motivasi” sedang berkeliaran. Mereka bisa muncul dan pergi kapan saja. Memang agak sulit memprediksi kapan dia memengaruhi semangat belajar siswa kita, namun begitu sudah sampai susah sekali untuk menyingkirkannya. Nah, gimana caranya ya supaya kita bisa usir monster itu dan bikin ruang belajar kita penuh dengan semangat yang nggak pernah padam?

 

Motivasi: Sistem Imun yang Tidak Boleh Berhenti Bekerja

Apa sebenarnya motivasi, dan kenapa itu penting? Hm. Coba Sobat Guru bayangkan motivasi belajar itu seperti sistem imun tubuh kita, yang mampu menjaga dan melindungi kita dari serangan virus dan bakteri jahat, dalam konteks kita kali ini, “virus kemalasan” yang kerap menyelinap diam-diam meredupkan semangat belajar siswa kita. Sistem imun harus terus aktif dan bekerja tanpa henti, begitu pula motivasi belajar! Ia harus secara konsisten hadir dan dipelihara, tidak boleh hanya menyala saat ada event tertentu atau iming-iming reward sesaat. Sebab, motivasi yang berkibar terus adalah kunci untuk melawan ‘virus’ tersebut sehingga proses pembelajaran tetap berjalan efektif dan menyenangkan. Motivasi sangat penting artinya dalam kegiatan belajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar.

Seorang pendidik Eduprima punya peran penting dalam menjaga motivasi siswa. Peran kita bukan hanya sebagai pemberi motivasi sesaat yang fungsi semangatnya seperti kembang api—cerah seketika lalu menghilang.  Kita di sini untuk menjadi dukungan yang solid, membantu siswa memvisualisasikan dan mencapai motivasi jangka panjangnya. Ini berarti, setiap sesi belajar yang kita jalani tidak sekedar lewat begitu saja, melainkan merupakan blok bangunan penting dalam struktur besar pencapaian mereka. 

Langkah-langkah yang Bisa Diambil Pengajar Eduprima

Siswa yang kurang bersemangat dalam KBM bisa menjadi masalah. Sebelum bibit masalah itu menyebar menjadi lebih besar, seorang tutor juga perlu mengambil langkah praktis. Langkah yang diambil bisa berupa langkah langsung untuk membangun motivasi belajar siswa, maupun cukup dengan dorongan mental pada mereka. Berikut beberapa tips yang Sobat Guru bisa pakai untuk menjaga motivasi belajar jangka panjang siswa.

  1. Membangun Motivasi Belajar Jangka Panjang

Untuk memastikan keberhasilan siswa, penting untuk membantu mereka menemukan tujuan pribadi yang jelas. Ini bisa berupa pengembangan keahlian tertentu, pencapaian tujuan karir, atau pengejaran minat pribadi. Dengan memiliki tujuan yang terdefinisi, siswa dapat lebih fokus dan memiliki arah yang jelas dalam proses belajar mereka. Selain itu, dukungan emosional juga krusial. Melalui pujian, dorongan, dan mendengarkan permasalahan mereka, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memelihara motivasi mereka. 

Kolaborasi dalam mencari solusi akan memperkuat ikatan antara siswa dan pembimbing mereka. Selanjutnya, merencanakan perkembangan juga diperlukan. Bantuan dalam membuat rencana studi terstruktur dengan jadwal belajar, tenggat waktu, dan pengukuran kemajuan akan memberikan rasa pencapaian yang mendukung, yang pada gilirannya akan memperkuat motivasi belajar siswa untuk terus maju.

  1. Menerapkan Strategi Pembelajaran Seumur Hidup

Dalam proses pembelajaran, penting untuk memfokuskan perhatian pada pengembangan keterampilan selain pengetahuan. Ini meliputi keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan pemecahan masalah, yang merupakan fondasi untuk keberhasilan jangka panjang. Selain itu, eksplorasi terhadap berbagai bidang ilmu diluar kurikulum inti dapat membuka pintu bagi siswa untuk menemukan minat dan passion mereka. 

Mengembangkan minat pribadi adalah kunci untuk memelihara motivasi belajar yang berkelanjutan, yang didorong oleh rasa ingin tahu yang terus tumbuh. Dengan mengajarkan siswa untuk selalu bertanya, mencari jawaban, dan menjelajahi dunia dengan rasa ingin tahu, kita membantu mereka memahami bahwa pembelajaran adalah perjalanan tak berujung yang menjanjikan pertumbuhan dan pemahaman yang lebih dalam.

menjaga motivasi belajar siswa bisa dengan membuat relasi yang baik

  1. Mengembangkan Rencana Tindak Lanjut yang Efektif

Dalam memperkuat proses belajar siswa, penting untuk mengembangkan rencana tindak lanjut yang efektif. Pertama, bantu siswa menetapkan tujuan yang jelas, baik jangka panjang maupun pendek, untuk memberikan arah yang terukur dan menjaga motivasi mereka. Selanjutnya, ajarkan mereka untuk secara teratur mengevaluasi kemajuan mereka dan siap untuk beradaptasi jika diperlukan. 

Evaluasi dan penyesuaian yang konsisten akan memastikan tingkat motivasi belajar yang tinggi. Terakhir, dorong siswa untuk mencari sumber motivasi belajar tambahan, seperti membaca kisah inspiratif atau berpartisipasi dalam komunitas belajar. Memahami bahwa motivasi adalah dinamis dan perlu dipelihara secara terus-menerus akan membantu mempertahankan semangat belajar mereka dalam jangka panjang.

 

Tutor Eduprima Sudah Terbiasa Dengan Tantangan Mengajar

Wahai para pembawa obor ilmu di Eduprima, Sobat Guru yang hebat!  Kita memang sudah dilengkapi dengan segala ‘alat sihir’ untuk mengubah tantangan jadi peluang emas untuk tumbuh bersama, bukan? Jadikan setiap kesulitan yang datang sebagai bumbu yang menambah cita rasa dalam pengajaran kita. Jangan lupa, Sobat Guru, kita punya kekuatan super: mendampingi siswa dalam menetapkan tujuan gemilang, merayakan pertumbuhan mereka tahap demi tahap, dan yang paling spesial, menjadi pendukung setia yang siap sedia dengan benteng semangat dan cinta belajar!

tutor mengajar calistung. Tutor cerdas mengoptimalkan KBM agar terjadi efisiensi jadwal les.

Mari kita mantrai kelas kita dengan strategi-strategi mengasyikkan yang telah kita rajut bersama. Ketika siswa kita terbangun dengan fondasi motivasi belajar yang kuat yang kita dan mereka bangun bersama, kisah-kisah kesuksesan akan bermekaran bak taman penuh bintang di langit yang cerah!  Dan ingat, Sobat Guru, konsistensi kita dalam menyiram iklim belajar dengan kejutan-kejutan pembelajaran yang berkelanjutan dan rencana aksi yang cermat adalah kunci utamanya. Taraaa! Kita tak hanya membantu mereka pada saat ini, tapi kita juga menanam benih-benih emas untuk berhasilnya mereka di masa yang akan datang. Ayo, kita wujudkan pembelajaran yang penuh kebahagiaan dan sukses bersama, Sobat Guru! 

Sampai sini saja perjumpaan kita Sobat, sampai jumpa di lain kesempatan!

Sehat selalu dan tetap semangat!

 

Referensi:

  • K.S., Arifah. 2023. Pentingnya Motivasi Belajar Bagi Pelajar Zaman Sekarang. Dikutip dari: https://guruinovatif.id/artikel/pentingnya-motivasi-belajar-bagi-pelajar-zaman-sekarang pada 15 Juni 2024 pukul 12:34 WIB.
  • deepublish. 2023. Strategi Pembelajaran: Komponen, Macam, Contoh. https://penerbitdeepublish.com/strategi-pembelajaran/, dikutip pada 15 Juni 2024 pukul 12:40 WIB