1. Kebudayaan

Kebudayaan adalah hasil dari budaya, yaitu hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat. Kebudayaan menunjuk kepada berbagai aspek kehidupan meliputi cara-cara berlaku, kepercayaan-kepercayaan dan sikap-sikap, dan juga hasil dari kegiatan manusia khas untuk suatu masyarakat atau kelompok penduduk tertentu. Menurut para ahli, kebudayaan didefinisikan sebagai berikut.

  • E.B Taylor

Kebudayaan adalah keseluruhan  kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, hokum, adat istiadat, dan kemampuan yang lain, serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

  • Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

  • J. Macionis

Kebudayaan adalah cara berpikir, cara bertindak, dan objek material yang bersama-sama membentuk cara hidup manusia. Kebudayaan meliputi apa yang kita pikirkan, bagaimana kita bertindak, dana pa yang kita miliki.

  • Koentjaraningrat

Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dimiliki manusia dengan belajar.

  • Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang ada di masyarakat ditentukan oleh kebudayan masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat ini adalah cultural determinism.

  • Levi Strauss

Kebudayaan merupakan perwujudan komponen struktur social yang berasal dari alam pemikiran manusia dan dilakukan secara berulang hingga membentuk kebiasaan.

  • Ralph Linton

Kebudayaan adalah segala pengetahuan pola piker, perilaku, ataupun sikap yang menjadi kebiasaan masyarakat di mana hal tersebut dimiliki serta diwariskan oleh para nenk moyang secara turun-temurun. Kebudayaan dibedakan menjadi dua jenis yaitu kebudayaan material dan kebudayan nonmaterial.

  1. Kebudayaan material adalah hasil kebudayaan fisik yang diciptakan oleh manusia, misalnya: senjata, rumah adat, alat transpirtasi, dan sebagainya.
  2. Kebudayaan nonmaterial adalah kebudayaan yang berupa ide atau gagasan yang berbentuk abstrak dan tidak berwujud fisik, misalnya: nilai dan kepercayaan.

Scroll to Top