MATERI TKT – KOMPETENSI TEKNIS
MATERI TMG – MANAJERIAL
MATERI TSK - SOSIO KULTURAL
1 of 2

1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi

Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai  Higher Order Thinking Skills (HOTS) dipicu oleh empat kondisi berikut. 

  1. Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang  spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya. 
  2. Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak dapat  diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai  faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi, dan kesadaran dalam  belajar. 
  3. Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki  atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif. d. Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuananalisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. 

Menurut beberapa ahli, definisi keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya dari Resnick (1987) adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi,  membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun  hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar. Keterampilan ini juga digunakan untuk menggarisbawahi berbagai proses tingkat tinggi menurut jenjang taksonomi Bloom. Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu: mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).

Pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi adalah pembelajaran yang melibatkan 3 aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu:  transfer of knowledge, critical and creative thinking, dan problem solving. Dalam  proses pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi tidak memandang level Kompetensi Dasar (KD), apakah KD nya berada pada tingkatan C1, C2, C3, C4,  C5, atau C6.  

Scroll to Top