MATERI TKT – KOMPETENSI TEKNIS
MATERI TMG – MANAJERIAL
MATERI TSK - SOSIO KULTURAL
1 of 2

2. Analisis Kompetensi Dasar (KD)

Analisis Kompetensi Dasar (KD) merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Dasar dalam melakukan analisis adalah Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang KI/KD.

Hal pertama dalam melakukan analisis KD adalah dengan menentukan target yang akan dicapai sesuai dengan Kompetensi Dasar, dengan cara memisahkan target kompetensi dengan materi yang terdapat pada KD. Poin-poin yang harus diperhatikan pada saat menentukan target KD:

  1. Tidak mengubah deskripsi pada KD
  2. Memisahkan setiap kompetensi/kata kerja yang ada pada KD
  3. Memisahkan setiap materi pada KD (jika bukan satu kesatuan)
  4. Memisahkan setiap proses pencapaian (jika tidak satu kesatuan)
  5. Menuliskan target jika ada kata “dan/atau” menjadi target yang terpisah

Tabel 1. mementukan Target Kompetensi Dasar

Dalam analisis KD setelah guru juga harus mampu menentukan tingkat kompetensi KD (C1 s.d. C6), dengan langkah sebagai berikut:

  1. Tidak berpatokan hanya pada kata kerja yang ada pada KD
  2. Membaca secara keseluruhan deskripsi pada KD
  3. Jika ada dua kata kerja pada KD, maka tingkat kompetensi pada KD tersebut ada dua.
Scroll to Top