MATERI TKT – KOMPETENSI TEKNIS
MATERI TMG – MANAJERIAL
MATERI TSK - SOSIO KULTURAL
1 of 2

2. Teori Belajar Kognitif

Pengertian belajar menurut teori belajar kognitif adalah perubahan persepsi dan pemahaman, yang tidak selalu berbentuk tingkah laku yang dapat diamati dan  dapat diukur. Asumsi teori ini adalah bahwa setiap orang memiliki pengetahuan  dan pengalaman yang telah tertata dalam bentuk struktur kognitif yang dimilikinya. Proses belajar akan berjalan dengan baik jika materi pelajaran atau informasi baru beradaptasi dengan struktur kognitif yang telah dimiliki seseorang. Menurut teori kognitif, ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan. Proses ini tidak terpatah-pata, terpisah-pisah, tapi melalui proses yang mengalir, bersambung-sambung dan menyeluruh.

Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, keterlibatan peserta didik secara aktif amat dipentingkan. Untuk menarik minat dan meningkatkan retensi belajar perlu  mengkaitkan pengetahuan baru dengan setruktur kognitif yang telah dimiliki  peserta didik. Materi pelajaran disusun dengan menggunakan pola atau logika  tertentu, dari sederhana ke kompleks. Perbedaan individual pada diri peserta didik  perlu diperhatikan, karena faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajar  peserta didik. 

Scroll to Top