MATERI TKT – KOMPETENSI TEKNIS
MATERI TMG – MANAJERIAL
MATERI TSK - SOSIO KULTURAL
1 of 2

4. Karakteristik Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan  oleh  penyelenggara  pelayanan  publik  sebagai  upaya  pemenuhan kebutuhan publik dan pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.Oleh  karenanya, berbagai aktivitas pelayanan pada dasarnya memiliki  karakteristik tertentu dan terbagi ke dalam beberapa jenis pelayanan. Karakteristik pelayanan publik menurut Lembaga Administrasi Negara (2003) adalah sebagai berikut:

  • memiliki dasar hukum yang jelas dalam penyelenggaraannya;
  • memiliki   kelompok   kepentingan   yang   luas,   termasuk   kelompok sasaran yang ingin dicapai;
  • memiliki tujuan sosial;
  • dituntut untuk akuntabel kepada publik
  • memiliki  konfigurasi  indikator  kinerja  yang  perlu  kelugasan; dan
  • seringkali menjadi sasaran isu politik.
Scroll to Top