MATERI TKT – KOMPETENSI TEKNIS
MATERI TMG – MANAJERIAL
MATERI TSK - SOSIO KULTURAL
1 of 2

4. Umpan Balik Positif

Umpan balik dalam coaching bertujuan untuk membangun potensi yang ada pada coacheedan menginspirasi mereka untuk berkarya. Coachee memaknai umpan balik yang disampaikan sebagai refleksi dan pengembangan diri. Secara khusus diberikan pada coachee ketika dalam proses coaching, ada hal-hal yang tidak terduga muncul atau hasil dari coaching ini berbeda dari yang coachee pikirkan.

Dorogan positif diperlukan agar coachee meneruskan hasil coaching ini sampai pada tahap aksi. Bentuk umpan balik dapat disampaikan dalam beberapa cara dengan aspek-aspek berikut (Pramudianto, 2015):

  • Langsung diberikan saat komunikasi

Contoh: “ Wah bagus ucapanmu yang baru saja kamu sampaikan.”

  • Spesifik (focus pada apa yang dikatakan)

Contoh: “Hal ini sepertinya belum diungkapan sebelumnya. Ayo kita coba bicarakan hal ini lebih lagi. Ini dapat menjadi alternative lain untukmu.”

  • Faktor emosi (mengikutsertakan emosi yang dirasakan)

Contoh: “Ah.. saya ikut gembira mendengar pencapaianmu dalam kerja kelompok kemarin.”

“Situasimu terdengar sulit. Mari perlahan kita bicarakan agar kamu bisa mendapatkan alternative dari siuasi ini.”

  • Apresiasi (menyertakan motivasi positif

Contoh: “Kamu bisa Nak. Kamu pasti bisa menjalankan komitmenmu. Kamu sudah berjalan sejauh ini, dengan perencanaan yang lebih baik, kamu dapat menyelesaikan tantangan ini.”

Coaching adalah sebuah kegiatan komuniaksi pemberdayaan (empowerment) yang bertujuan membantu para coachee dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi agar hisupnya menjadi lebih efektif. Kemampuan berkomunikasi menjadi kunci proses coaching sebab pendekatan dan teknik yang dilakukan dalam coaching merupakan proses mendorong dari belakang sehingga coachee dapat menemukan jawaban dari apa yang dia temukan sendiri (Pramudianto, 2015), bukan dengan diarahkan atau digurui. Inilah yang menjadi keunikan coaching.

Scroll to Top