B. Karakteristik Peserta Didik

  1. Pengertian Karakteristik Peserta Didik 

Apa itu karakteristik peserta didik? Karakteristik berasal dari kata karakter yang berarti ciri, tabiat, watak, dan kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang yang sifatnya relatif tetap. Karakteristik peserta didik dapat diartikan keseluruhan pola kelakukan atau kemampuan yang dimiliki peserta didik sebagai hasil dari pembawaan dan lingkungan, sehingga menentukan aktivitasnya dalam mencapai cita-cita atau tujuannya. Informasi terkait karakteristik peserta didik sangat diperlukan untuk  kepentingan-kepentingan dalam perancangan pembelajaran.

Hal ini sebagaimana  yang dikemukakan oleh Ardhana dalam Asri Budiningsih (2017: 11) karakteristik  peserta didik adalah salah satu variabel dalam desain pembelajaran yang  biasanya didefinisikan sebagai latar belakang pengalaman yang dimiliki oleh  peserta didik termasuk aspek-aspek lain yang ada pada diri mereka seperti  kemampuan umum, ekspektasi terhadap pembelajaran dan ciri-ciri jasmani serta  emosional siswa yang memberikan dampak terhadap keefektifan belajar. 

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman atas karakteristik  peserta didik dimaksudkan untuk mengenali ciri-ciri dari setiap peserta didik yang  nantinya akan menghasilkan berbagai data terkait siapa peserta didik dan sebagai  informasi penting yang nantinya dijadikan pijakan dalam menentukan berbagai metode yang optimal guna mencapai keberhasilan kegiatan pembelajaran.

Scroll to Top