C. Tujuan Membangun Jejaring Kerja

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi dalam  membangun  jejaring  kerja  (kemitraan)  yaitu  sebagai  berikut:

  1. Meningkatkan partisipasi masyarakat

Salah  satu  tujuan  membangun  jejaring kerja (kemitraan) adalah membangun kesadaran masyarakat terhadap eksistensi organiasi tersebut, menumbuhkan minat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan oranisasi. Masyarakat disini  memiliki  arti  luas  tidak  hanya  pelanggan  tetapi  termasuk juga pengguna, dinas atau departemen terkait, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri, tokoh masyarakat dan stake holder lainnya.

  • Peningkatan mutu dan relevansi

Dinamika perubahan/perkembangan masyarakat sangat tinggi. Lembaga kursus jika ingin tetap eksis harus mampu bersaing  dengan  kompetitor lain. Untuk itu, organisasi dituntut untuk terus melakukan inovasi, peningkatan mutu dan relevansi program yang dibuatnya sesuai kebutuhan pasar. Untuk itu, membangun jejaring kerja (kemitraan) diperlukan guna merancang program yang inovatif, meningkatkan mutu layanan dan relevansi program dengan kebutuhan masyarakat.

Scroll to Top