Contoh Soal :

  1. Pak Dika meyakini teori behavioristik, bahwa proses belajar terjadi melalui rangsangan (stimulus) yang menimbulkan hubungan perilaku reaktif (respon). Model belajar yang dipilih, kecuali…
  2. Trial and Error dengan membentuk hubungan (koneksi) antara stimulus dengan respon yang diberikan oleh organisme terhadap stimulus
  3. Pembiasaan Klasik dengan penciptaan reflek baru dengan cara mendatangkan stimulus sebelum terjadinya refleks tersebut
  4. Pembiasaan Perilaku Respon dengan mengadakan reward (reinforcement positif) and punishment (reinforcement negative).
  5. Pembiasaan Asosiasi Dekat dengan mengasumsikan terjadinya peristiwa belajar berdasarkan kedekatan hubungan antara stimulus dengan respon yang relevan
  6. Dialog, Reflektif dan Ekspresif dengan mengelola dan mewujudkan pemahaman mendalam

Jawaban Benar: E

Pembahasan:

Model-Model Teori Belajar Behavioristik:

  1. Connectionism atau Bond-Psychology (Trial and Error) Teori belajar behavioristik model ini dipelopori oleh Thorndike (1874-1949) belajar adalah pembentukan hubungan (koneksi) antara stimulus dengan respon yang diberikan oleh organisme terhadap stimulus tadi.
  2. Classical Conditioning (Pembiasaan Klasik) Menurut Terrace (1973), Classical Conditioning adalah sebuah prosedur penciptaan reflek baru dengan cara mendatangkan stimulus sebelum terjadinya refleks tersebut.
  3. Operant Conditioning (Pembiasaan Perilaku Respon) Selain dua model teori behavioristik di atas, muncul Burrhus Frederic Skinner (lahir tahun 1904) dengan teorinya Operant Conditioning (Pembiasaan Perilaku Respon) disebut teori belajar reward (reinforcement positif) and punishment (reinforcement negative).
  4. Contiguous Conditioning (Pembiasaan Asosiasi Dekat) Muncul pula Edwin R. Guthrie (18886-1959) yang mengasumsikan terjadinya peristiwa belajar berdasarkan kedekatan hubungan antara stimulus dengan respon yang relevan.

Point e merupakan pendekatan teori humanistik.

  • Kolb, Honey dan Mumford menggolongkan peserta didik atas empat tipe berdasarkan pendekatan teori belajar humanistik, yakni …
  • Peserta didik tipe akseptor, peserta didik tipe kognitif, peserta didik tipe realistis, dan peserta didik tipe praktis
  • Peserta didik tipe aktivis, peserta didik tipe reflektor, peserta didik tipe teoritis, dan peserta didik tipe pragmatis.
  • Peserta didik tipe aktivis, peserta didik tipe akseptor, peserta didik tipe realistis, dan peserta didik tipe pragmatis.
  • Peserta didik tipe akseptor, peserta didik tipe reflektor, peserta didik tipe praktis, dan peserta didik tipe pragmatis.
  • Peserta didik tipe aktivis, peserta didik tipe akseptor, peserta didik tipe kognitif, dan peserta didik tipe teoritis

Jawaban Benar: B

Pembahasan:

Berdasarkan teori Kolb, Honey dan Mumford menggolongkan peserta didik atas empat tipe (Siregar & Nara, 2010), yaitu sebagai berikut:

  1. Peserta didik tipe aktivis, yaitu peserta didik yang cenderung melibatkan diri pada dan berpartisipasi aktif dengan berbagai kegiatan, dengan tujuan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.
  2. Peserta didik tipe reflektor, tipe ini cenderung berhati hati mengambil langkah dan penuh pertimbangan.
  3. Peserta didik tipe teoritis, tipe ini biasanya sangat kritis, suka menganalisis, selalu berfikir rasional menggunakan penalarannya
  4. Peserta didik tipe pragmatis, tipe ini menaruh perhatian besar terhadap aspek-aspek praktis dalam segala hal, mereka tidak suka bertele-tele dalam membahas aspek teoritis-filosofis dari sesuatu.
  • Dalam mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar, Ibu Susi memberi kesempatan peserta didik untuk berkelompok dan memilih topik atau legenda apa saja yang akan mereka perankan. Setelah menentukan legendanya, peserta didik berembuk atau berdiskusi terkait peran dan alur secara keseluruhan. Setiap peserta didik diharuskan untuk mengambil satu peran, alhasil mereka mengklasifikasi ide-idenya dan membangun serta mengevaluasi ide-ide baru. Setelah mendapatkan kesimpulan mengenai topik atau legenda yang sesuai dan peran-peran yang cocok, peserta didik diminta untuk menampilkan perannya berkelompok. Hal tersebut dilakukan Ibu Susi atas dasar evaluasi atau proses review. Berdasarkan dari ciri-cirinya, proses belajar yang dilakukan Ibu Susi mengacu kepada pendekatan belajar menurut…
  • Thorndike
  • Jean Piaget dan Jerome Bruner
  • David Ausubel
  • Driver dan Oldhan
  • Honey dan Mumford

Jawaban Benar: D

Pembahasan:

Berdasarkan ilustrasinya, soal di atas mengacu kepada ciri-ciri belajar konstruktivisme yang dikemukakan oleh Driver dan Oldhan (1994), yakni sebagai berikut:

  1. Orientasi, yaitu peserta didik diberi kesempatan untuk mengembangkan motivasi dalam mempelajari suatu topik dengan memberi kesempatan melakukan observasi.
  2. Elitasi, yaitu peserta didik mengungkapkan idenya dengan jalan berdiskusi, menulis, membuat poster, dan lain-lain.
  3. Restrukturisasi ide, yaitu klarifikasi ide dengan ide orang lain, membangun ide baru, mengevaluasi ide baru.
  4. Penggunaan ide baru dalam setiap situasi, yaitu ide atau pengetahuan yang telah terbentuk perlu diaplikasikan pada bermacam-macam situasi.
Scroll to Top