CONTOH SOAL TKP – PELAYANAN PUBLIK

Pembahasan Jawaban

Bila kita perhatikan uraian yang terdapat dalam soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai seorang Customer Service pada sebuah rumah sakit milik pemerintah. Sebagai seorang Customer Service, Anda memiliki tugas untuk mendengar, menjelaskan dan memberikan solusi terhadap pertanyaan dan pengaduan yang dialami pelanggan.

Adapun pada soal tersebut, Anda kedatangan seorang nenek tua yang bertanya tentang prosedur penggunaan BPJS. Namun, setelah beberapa kali Anda menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti, sepertinya nenek tua tersebut masih nampak kebingungan dan tidak memahami prosedur penggunaan BPJS sebagaimana Anda telah jelaskan.

A = Poin 1

Alasannya, karena tindakan tersebut menunjukkan bahwa Anda belum memiliki kompetensi yang optimal sebagai seorang Customer Service sehingga Anda harus meminta rekan kerja lainnya untuk menyelesaikan permasalahan dimaksud.

B = Poin 3

Alasannya, karena pada soal tersebut disebutkan bahwa Anda telah menjelaskan beberapa kali kepada nenek tua tersebut namun dia masih tampak kebingungan dan tidak memahami prosedur penggunaan BPJS tersebut, sehingga perlu ada upaya lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

C = Poin 4

Alasannya karena tugas Anda sebagai seorang Customer Service yaitu mendengar, menjelaskan dan memberikan solusi terhadap pertanyaan dan pengaduan yang dialami pelanggan, bukan mengurus sendiri secara teknis rangkaian tahapan tersebut dari awal sampai akhir, apalagi pada soal telah dijelaskan ada anggota keluarga lainnya yang mengantar cucu nenek tua tersebut.

Bila hal tersebut Anda lakukan, maka pelanggan lain yang juga memerlukan Anda tidak akan dapat terlayani, karena waktu Anda digunakan untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya ada beberapa tahapannya yang merupakan tugas orang lain (satpam dan petugas loket pelayanan). Oleh sebab itu, perlu cara lain yang lebih efektif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

D = Poin 5

Alasannya, karena pada soal disebutkan bahwa ada ibunya yang sedang menunggu cucu dari nenek tua tersebut, sehingga cara terbaik pada kondisi sebagaimana dijelaskan pada soal, yaitu dengan meminta nenek tua tersebut untuk memanggil anggota keluarga lainnya yang mengantar, agar Anda bisa menjelaskan prosedur penggunaan BPJS kepadanya. Dengan harapan anggota keluarga lainnya tersebut dapat memahami prosedur penggunaan BPJS. Jika Anda berpikir, apabila setelah Anda jelaskan ibu itu juga sama tidak memahami penjelasan Anda tentang prosedur penggunaan BPJS, maka alasan logisnya yaitu karena tindakan tersebut merupakan tindakan yang paling tepat dan efektif di antara pilihan jawaban lainnya.

E = Poin 2

Alasannya, karena pada soal tersebut disebutkan bahwa Anda telah menjelaskan beberapa kali kepada nenek tua tersebut namun dia masih tampak kebingungan dan tidak memahami prosedur penggunaan BPJS tersebut, sehingga perlu ada upaya lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Jawaban D-C-B-E-A.

Scroll to Top