CONTOH SOAL TKP – PELAYANAN PUBLIK

Pembahasan Jawaban

Bila kita perhatikan uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai kepala instansi di suatu instansi pemerintah yang tiba-tiba mendapat keluhan bahkan caci maki karena pelayanan di Instansi yang Anda pimpin kualitasnya buruk. Bagaimana sikap Anda menghadapi kondisi seperti ini?

A = Poin 2

Alasannya, apabila ada warga masyarakat yang melakukan hal tersebut, tindakan bijaksana yang Anda dapat lakukan sebagai pemimpin instansi adalah berusaha tidak marah meskipun sebenarnya Anda kesal karena dicaci maki dan tetap mendengarkan keluhannya sehingga Anda dapat mengetahui permasalahan sebenarnya.

B = Poin 4

Alasannya, apabila ada warga masyarakat yang melakukan hal tersebut, tindakan bijaksana yang Anda dapat lakukan sebagai pemimpin instansi adalah tetap tersenyum sebagai wujud keramahtamahan dan tetap mendengarkan keluhan sehingga Anda dapat mengetahui permasalahan sebenarnya.

C = Poin 1

Alasannya, karena Anda hanya menasihati warga masyarakat tersebut, tanpa berusaha untuk mendengarkan keluhannya sehingga Anda tidak mengetahui permasalahan sebenarnya.

D = Poin 5

Alasannya, karena instansi Anda memberikan pelayanan yang kurang baik sehingga ada warga masyarakat yang mengeluh. Tindakan meminta maaf atas kurang memuaskannya pelayanan serta mendengarkan keluhan adalah tindakan paling bijaksana dalam menghadapi kondisi sebagaimana terdapat dalam soal.

E =  Poin 3

Alasannya, karena salah satu tindakan bijaksana yang Anda dapat lakukan sebagai pemimpin instansi yaitu mengendalikan emosi dan dengan tenang mendengarkan keluhan sehingga Anda dapat mengetahui permasalahan sebenarnya.

Jawaban D-B-E-A-C

Scroll to Top