D. Prinsip Dalam Membangun Jejaring Kerja (Kemitraan)

  • Kesamaan visi-misi. Kemitraan hendaknya dibangun atas dasar  kesamaan visi dan misi dan tujuan organisasi. Kesamaan dalam visi  dan  misi menjadi motivasi dan perekat pola kemitraan. Dua atau lebih lembaga dapat bersinergi untuk mencapai tujuan yang sama.
  • Kepercayaan (trust). Setelah ada kesamaan visi dan misi maka prinsip berikutnya yang tidak kalah penting adalah adanya rasa saling percaya  antarpihak yang bermitra. Oleh karena itu kepercayaan adalah modal  dasar membangun jejaring dan kemitraan. Untuk dapat dipercaya maka  komunikasi yang dibangun harus dilandasi itikad (niat) yang baik dan menjunjung tinggi kejujuran.
  • Saling menguntungkan. Asas saling menguntungkan merupakan  fondasi yang kuat dalam membangun kemitraan. Jika dalam bermitra ada salah satu pihak yang merasa dirugikan, merasa tidak  mendapat  manfaat lebih, maka akan menggangu keharmonisan dalam  bekerja sama. Antara pihak yang bermitra harus saling memberi kontribusi sesuai peran  masing-masing dan merasa diuntungkan.
  • Efisiensi dan efektivitas. Dengan mensinergikan beberapa sumber  untuk  mencapai  tujuan yang sama diharapkan mampu meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan tanaga. Efisiensi tersebut tentu saja tidak mengurangi kualitas proses dan hasil. Justru sebaliknya dapat meningkatkan kualitas proses dan produk yang dicapai.  Tingkat  efektifitas  pencapaian tujuan menjadi lebih tinggi jika proses kerja kita melibatkan mitra kerja. Dengan kemitraan dapat dicapai kesepakatan-kesepakatan   dari pihak yang bermitra tentang siapa melakukan apa sehingga pencapaian tujuan menjadi lebih efektif.
  • Komunikasi timbal balik. Komunikasi  timbal  balik  atas  dasar  saling  menghargai  satu  sama lain merupakan fondamen dalam membangun kerjasama. Tanpa komunikasi timbal balik maka akan terjadi dominasi satu terhadap yang lainnya yang dapat merusak hubungan yang sudah dibangun.
  • Komitmen yang kuat. Jejaring Kerja sama akan terbangun dengan kuat dan permanen jika ada  komitmen  satu  sama  lain  terhadap  kesepakatan-kesepakatan yang dibuat bersama.
Scroll to Top