E. Strategi Membangun Jejaring Kerja

  1. Menjadi pendengar yang baik.

Pada umumnya, orang-orang lebih  senang  membicarakan  tentang  diri  mereka  sendiri.  Apabila kita mampu menunjukkan ketertarikan terhadap apa yang  mereka  pikirkan  ataupun  katakan  secara  tulus,  tidak  ada kesan dibuat-buat atau terpaksa, maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Pertama: kita akan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dalam  kesempatan  pertemuan  singkat  tersebut,  misalnya  informasi  tentang  keluarga,  usaha/pekerjaan  mereka,  dan  hobi  yang  sedang  mereka  jalankan  saat  ini.  Informasi  tentang  diri  pribadi  mereka  sangat  penting  guna  memberikan perlakuan yang paling tepat. Kedua: dengan menjadi pendengar yang baik kita akan mampu  memvisualisasikan siapa saja yang harus kita dekati, sehingga tak perlu membuang waktu dengan mengikuti perkumpulan yang tidak  berhubungan dengan target yang ingin dicapai. Karena kekuatan  networking terletak pada kualitas dibandingkan kuantitas atau jumlahnya.

  • Mengupayakan dalam 72 jam kita harus berusaha menjalin komunikasi  dengan calon partner kita agar mereka tidak melupakan kita begitu saja. Langkah yang bisa kita lakukan adalah mengirimkan e-mail, surat, menelpon seraya mengungkapkan kebahagiaan kita mendapatkan kesempatan bertemu mereka atau menanyakan kabar tentang anak-anak, usaha, maupun hobi yang  sedang mereka kerjakan. Cara lain adalah mengirimkan sesuatu dan menyampaikan kesan mendalam  sekaligus keinginan untuk bertemu mereka suatu saat nanti, dan lain   sebagainya. Lakukan berbagai langkah untuk menjalin komunikasi,  karena hal itu akan membuat mereka lebih mengingat kita. Sehingga  apabila suatu ketika kita menghubungi atau bertemu lagi, mereka akan dengan mudah mengingat dan menjalin kerja sama dengan kita.
  • Bersikap sabar tetapi aktif dan proaktif dalam memberi. 

Memberi bisa dilakukan dalam berbagai cara entah dalam bentuk   pelayanan atau kontribusi kepada perorangan maupun group. Milikilah  nilai tersendiri bagi orang lain, dengan menciptakan kerjasama yang  memberikan kemudahan dan berbagai nilai yang menguntungkan mereka.

  • Bersikap lebih cerdas dan selalu menyampaikan informasi yang akurat  dan apa adanya. 

Caranya adalah dengan terus belajar banyak hal setiap ada kesempatan (banyak membaca, mengikuti seminar, workshop, kompetisi, expo, dll) sehingga kita akan lebih dikenal dibandingkan orang lain karena kelebihan ilmu pengetahuan yang kita miliki.

  • Kesinambungan komunikasi.

Kita harus selalu meluangkan waktu untuk melakukan komunikasi  guna mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang sudah terbangun. Salah satu alasannya karena tak ada jalan pintas dalam mengembangkan dan mempertahankan networking kecuali  kesinam-bungan  komunikasi.

  • Peduli lingkungan.

Perlu memiliki rasa tanggung jawab (peduli) terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan sekitarnya. Ada banyak cara untuk   mewujudkannya seperti donor darah, menjaga kebersihan dan  kesehatan lingkungan, dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di sosial.

  • Membangun citra diri. 

Membangun citra diri pegawai maupun rekan kerja dapat dilakukan dengan cara meningkatkan  kemampuan berkomunikasi, komitmen atas prinsip dan janji, profesional, peduli terhadap karyawan serta yang tidak kalah penting adalah menjaga penampilan.

Scroll to Top